1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 45 menit )
|
Waktu
|
Ø
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
o
Orientasi
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
o Apersepsi
·
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan tema sebelumnya
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang
ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
o
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
·
Menyampaikan tujuan pembelajaranpada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan pertanyaan.
o Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
|
15 menit
|
Ø Kegiatan Inti
Peserta didik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
o Melihat (tanpa atau dengan
alat)
o Mengamati
Menonton beberapa contoh teks/ film tentang penggambaran orang,
o Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
o Mendengar
o Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Menanya
o Mengajukan pertanyaan tentang :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat.
Misalnya :
Perbedaan antar berbagai teks deskripsi yang ada dalam bahasa Inggris,
|
Mengumpulkan
Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
o Menggunakan alat dan bahan
(ekxperiment),
o Mengamati obyek/kejadian,
o Mendemontrasikan tentang
o Memperagakan
menirukan contoh secara
terbimbing
o Aktivitas
o Wawancara dengan nara sumber
o Membaca sumber lain selain
buku teks,
o
Mendiskusikan
menemukan gagasan pokok,
informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
o Mengulang
o
Mempresentasikan ulang
membacakan teks deskriptif lain dari berbagai sumber
dengan pengucapan, tekanan kata dan intonasi yang tepat
o
Mengumpulkan informasi
berpasangan menemukan gagasan pokok, informasi rinci
dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari teks deskripsi yang
dibaca/didengar.
o Saling tukar informasi
tentang :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengasosiasikan
o Berdiskusi tentang data :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
yang
sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
o Mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung.
o Menganalisis
dengan membandingkan berbagai teks yang menggambarkan orang, terkenal
dengan fokus pada struktur teks, dan
unsur kebahasaan
o Mengelompokkan teks deskripsi sesuai dengan fungsi sosialnya
o Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir
induktif serta deduktif dalam menyimpulkan:
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana,
tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal,
antara lain tentang :
|
Mengkomunikasikan
o
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan
o Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
o Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
o Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
o Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang Teks
deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan
bangunan bersejarah terkenal
o Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
o
Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
o Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa
ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
60
menit
|
Ø Penutup
Peserta didik :
o Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
o Mengagendakan pekerjaan
rumah.
o Mengagendakan materi yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
o Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan soal dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
o Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
|
15
menit
|
2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 45 menit )
|
Waktu
|
Ø
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
o
Orientasi
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
o Apersepsi
·
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan tema sebelumnya
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang
ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
o
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
·
Menyampaikan tujuan pembelajaranpada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan pertanyaan.
o Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
|
15 menit
|
Ø Kegiatan Inti
Peserta didik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
o Melihat (tanpa atau dengan
alat)
o Mengamati
Menonton beberapa contoh teks/ film tentang tempat wisata
o Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
o Mendengar
o Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Menanya
o Mengajukan pertanyaan tentang :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat.
Misalnya :
Perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia
|
Mengumpulkan
Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
o Menggunakan alat dan bahan
(ekxperiment),
o Mengamati obyek/kejadian,
o Mendemontrasikan tentang
o Memperagakan
menirukan contoh secara
terbimbing
o
Mengumpulkan informasi
o Wawancara dengan nara sumber
o Membaca sumber lain selain
buku teks,
o
Mendiskusikan
menemukan gagasan pokok,
informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
o Aktivitas
menyunting teks deskripsi yang diberikan guru dari segi struktur dan
kebahasaan
o Mengulang
o
Mempresentasikan ulang
o Saling tukar informasi
tentang :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengasosiasikan
o Berdiskusi tentang data :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
yang
sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
o Mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung.
o Menganalisis
dengan membandingkan berbagai teks yang menggambarkan, empat wisata,
terkenal dengan fokus pada struktur
teks, dan unsur kebahasaan
o Mengelompokkan teks deskripsi sesuai dengan fungsi sosialnya
o Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir
induktif serta deduktif dalam menyimpulkan :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana,
tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal,
antara lain tentang :
|
Mengkomunikasikan
o
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan
o Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
o Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
o Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
o Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang Teks
deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan
bangunan bersejarah terkenal
o Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
o
Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
o Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa
ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
60
menit
|
Ø Penutup
Peserta didik :
o Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
o Mengagendakan pekerjaan
rumah.
o Mengagendakan materi yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
o Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan soal dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
o Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
|
15
menit
|
3. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 45 menit )
|
Waktu
|
Ø
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
o
Orientasi
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
o Apersepsi
·
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan tema sebelumnya
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang
ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
o
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
·
Menyampaikan tujuan pembelajaranpada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan pertanyaan.
o Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
|
15 menit
|
Ø Kegiatan Inti
Peserta didik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
o Melihat (tanpa atau dengan
alat)
o Mengamati
Menonton beberapa contoh teks/ film tentang bangunan bersejarah.
o Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
o Mendengar
o Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata,
dan bangunan bersejarah terkenal
untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Menanya
o Mengajukan pertanyaan tentang :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat.
Misalnya :
Gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
deskriptif
|
Mengumpulkan
Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
o Menggunakan alat dan bahan
(ekxperiment),
o Mengamati obyek/kejadian,
o Mendemontrasikan tentang
o Memperagakan
menirukan contoh secara
terbimbing
o
Mengumpulkan informasi
o Aktivitas
o Wawancara dengan nara sumber
o Membaca sumber lain selain
buku teks,
o
Mendiskusikan
menemukan gagasan pokok,
informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
o Mengulang
o
Mempresentasikan ulang
menggambarkan bangunan
bersejarah lain dalam konteks penyampaian informasi yang wajar terkait
dengan tujuan yang hendak dicapai dari model yang dipelajari
o Saling tukar informasi
tentang :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengasosiasikan
o Berdiskusi tentang data :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
yang
sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
o Mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung.
o Menganalisis dengan membandingkan berbagai teks yang menggambarkan
bangunanan bersejarah terkenal dengan fokus pada struktur teks, dan unsur kebahasaan
o Mengelompokkan teks deskripsi sesuai dengan fungsi sosialnya
o Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir
induktif serta deduktif dalam menyimpulkan :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana,
tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal,
antara lain tentang :
|
Mengkomunikasikan
o
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan
o Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
o Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
o Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
o Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang Teks
deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan
bangunan bersejarah terkenal
o Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
o
Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
o Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa
ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
60
menit
|
Ø Penutup
Peserta didik :
o Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
o Mengagendakan pekerjaan
rumah.
o Mengagendakan materi yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
o Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan soal dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
o Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
|
15
menit
|
4. Pertemuan Ke-4 ( 2 x 45 menit )
|
Waktu
|
Ø
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
o
Orientasi
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
o Apersepsi
·
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan tema sebelumnya
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang
ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
o
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
·
Menyampaikan tujuan pembelajaranpada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan pertanyaan.
o Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
|
15 menit
|
Ø Kegiatan Inti
Peserta didik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
o Melihat (tanpa atau dengan
alat)
o Mengamati
Menonton beberapa contoh teks/ film tentang bangunan bersejarah.
o Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
o Mendengar
o Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Menanya
o Mengajukan pertanyaan tentang :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat.
Misalnya :
Gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
deskriptif
|
Mengumpulkan
Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
o Menggunakan alat dan bahan
(ekxperiment),
o Mengamati obyek/kejadian,
o Mendemontrasikan tentang
o Memperagakan
menirukan contoh secara
terbimbing
o
Mengumpulkan informasi
o Aktivitas
o Wawancara dengan nara sumber
o Membaca sumber lain selain
buku teks,
o
Mendiskusikan
menemukan gagasan pokok,
informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
o Mengulang
o
Mempresentasikan ulang
menggambarkan bangunan
bersejarah lain dalam konteks penyampaian informasi yang wajar terkait
dengan tujuan yang hendak dicapai dari model yang dipelajari
o Saling tukar informasi
tentang :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengasosiasikan
o Berdiskusi tentang data :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
yang
sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
o Mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung.
o Menganalisis dengan membandingkan berbagai teks yang menggambarkan
bangunanan bersejarah terkenal dengan fokus pada struktur teks, dan unsur kebahasaan
o Mengelompokkan teks deskripsi sesuai dengan fungsi sosialnya
o Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir
induktif serta deduktif dalam menyimpulkan :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana,
tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal,
antara lain tentang :
|
Mengkomunikasikan
o
Menyusun teks deskripsi tentang orang/ tempat
wisata/ bangunan bersejarah sesuai dengan fungsi sosial tujuan, struktur dan unsur kebahasaannya
o
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan
o Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
o Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
o Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
o Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Teks
deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan
bangunan bersejarah terkenal
o Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
o
Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
o Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa
ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
60
menit
|
Ø Penutup
Peserta didik :
o Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
o Mengagendakan pekerjaan
rumah.
o Mengagendakan materi yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
o Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan soal dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
o Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
|
15
menit
|
5. Pertemuan Ke-5 ( 2 x 45 menit )
|
Waktu
|
Ø
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
o
Orientasi
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
o Apersepsi
·
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan tema sebelumnya
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang
ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
o
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
·
Menyampaikan tujuan pembelajaranpada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan pertanyaan.
o Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
|
15 menit
|
Ø Kegiatan Inti
Peserta didik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
o Melihat (tanpa atau dengan
alat)
o Mengamati
Menonton beberapa contoh teks/ film tentang bangunan bersejarah.
o Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
o Mendengar
o Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Menanya
o Mengajukan pertanyaan tentang :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat.
Misalnya :
Gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
deskriptif
|
Mengumpulkan
Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
o Menggunakan alat dan bahan
(ekxperiment),
o Mengamati obyek/kejadian,
o Mendemontrasikan tentang
o Memperagakan
menirukan contoh secara
terbimbing
o
Mengumpulkan informasi
o Aktivitas
o Wawancara dengan nara sumber
o Membaca sumber lain selain
buku teks,
o
Mendiskusikan
menemukan gagasan pokok,
informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
o Mengulang
o
Mempresentasikan ulang
menggambarkan bangunan
bersejarah lain dalam konteks penyampaian informasi yang wajar terkait
dengan tujuan yang hendak dicapai dari model yang dipelajari
o Saling tukar informasi
tentang :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengasosiasikan
o Berdiskusi tentang data :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
yang
sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
o Mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung.
o Menganalisis dengan membandingkan berbagai teks yang menggambarkan
bangunanan bersejarah terkenal dengan fokus pada struktur teks, dan unsur kebahasaan
o Mengelompokkan teks deskripsi sesuai dengan fungsi sosialnya
o Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir
induktif serta deduktif dalam menyimpulkan :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana,
tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal,
antara lain tentang :
|
Mengkomunikasikan
o
Menyunting deskripsi yang dibuat teman
o
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan
o Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
o Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
o Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
o Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Teks
deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan
bangunan bersejarah terkenal
o Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
o
Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
o Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa
ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
60
menit
|
Ø Penutup
Peserta didik :
o Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
o Mengagendakan pekerjaan
rumah.
o Mengagendakan materi yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
o Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan soal dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
o Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
|
15
menit
|
6. Pertemuan Ke-6 ( 2 x 45 menit )
|
Waktu
|
Ø
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
o
Orientasi
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
o Apersepsi
·
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan tema sebelumnya
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang
ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
o
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
·
Menyampaikan tujuan pembelajaranpada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan pertanyaan.
o Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
|
15 menit
|
Ø Kegiatan Inti
Peserta didik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
o Melihat (tanpa atau dengan
alat)
o Mengamati
Menonton beberapa contoh teks/ film tentang bangunan bersejarah.
o Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
o Mendengar
o Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Menanya
o Mengajukan pertanyaan tentang :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat.
Misalnya :
Gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
deskriptif
|
Mengumpulkan
Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
o Menggunakan alat dan bahan
(ekxperiment),
o Mengamati obyek/kejadian,
o Mendemontrasikan tentang
o Memperagakan
menirukan contoh secara
terbimbing
o
Mengumpulkan informasi
o Aktivitas
o Wawancara dengan nara sumber
o Membaca sumber lain selain
buku teks,
o
Mendiskusikan
menemukan gagasan pokok,
informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
o Mengulang
o
Mempresentasikan ulang
menggambarkan bangunan
bersejarah lain dalam konteks penyampaian informasi yang wajar terkait
dengan tujuan yang hendak dicapai dari model yang dipelajari
o Saling tukar informasi
tentang :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengasosiasikan
o Berdiskusi tentang data :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
yang
sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
o Mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung.
o Menganalisis dengan membandingkan berbagai teks yang menggambarkan
bangunanan bersejarah terkenal dengan fokus pada struktur teks, dan unsur kebahasaan
o Mengelompokkan teks deskripsi sesuai dengan fungsi sosialnya
o Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir
induktif serta deduktif dalam menyimpulkan :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana,
tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal,
antara lain tentang :
|
Mengkomunikasikan
o
Menyampaikan deskripsinya didepan guru dan teman
dan mempublikasikannya di mading
o
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan
o Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
o Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
o Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
o Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang Teks
deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan
bangunan bersejarah terkenal
o Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
o
Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
o Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa
ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
60
menit
|
Ø Penutup
Peserta didik :
o Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
o Mengagendakan pekerjaan
rumah.
o Mengagendakan materi yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
o Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan soal dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
o Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
|
15
menit
|
7. Pertemuan Ke-7 ( 2 x 45 menit )
|
Waktu
|
Ø
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
o
Orientasi
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
o Apersepsi
·
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan tema sebelumnya
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang
ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
o
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
·
Menyampaikan tujuan pembelajaranpada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan pertanyaan.
o Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
|
15 menit
|
Ø Kegiatan Inti
Peserta didik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
o Melihat (tanpa atau dengan
alat)
o Mengamati
Menonton beberapa contoh teks/ film tentang bangunan bersejarah.
o Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
o Mendengar
o Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Menanya
o Mengajukan pertanyaan tentang :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat.
Misalnya :
Gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
deskriptif
|
Mengumpulkan
Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
o Menggunakan alat dan bahan
(ekxperiment),
o Mengamati obyek/kejadian,
o Mendemontrasikan tentang
o Memperagakan
menirukan contoh secara
terbimbing
o
Mengumpulkan informasi
o Aktivitas
o Wawancara dengan nara sumber
o Membaca sumber lain selain
buku teks,
o
Mendiskusikan
menemukan gagasan pokok,
informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
o Mengulang
o
Mempresentasikan ulang
menggambarkan bangunan
bersejarah lain dalam konteks penyampaian informasi yang wajar terkait
dengan tujuan yang hendak dicapai dari model yang dipelajari
o Saling tukar informasi
tentang :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengasosiasikan
o Berdiskusi tentang data :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
yang
sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
o Mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung.
o Menganalisis dengan membandingkan berbagai teks yang menggambarkan
bangunanan bersejarah terkenal dengan fokus pada struktur teks, dan unsur kebahasaan
o Mengelompokkan teks deskripsi sesuai dengan fungsi sosialnya
o Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir
induktif serta deduktif dalam menyimpulkan :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana,
tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal,
antara lain tentang :
|
Mengkomunikasikan
o
Membuat kliping deskripsi tentang orang, tempat
wisata atau bangunan bersejarah yang mereka sukai
o
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan
o Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
o Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
o Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
o Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Teks
deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan
bangunan bersejarah terkenal
o Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
o
Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
o Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa
ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
60
menit
|
Ø Penutup
Peserta didik :
o Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
o Mengagendakan pekerjaan
rumah.
o Mengagendakan materi yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
o Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan soal dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
o Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
|
15
menit
|
8. Pertemuan Ke-8 ( 2 x 45 menit )
|
Waktu
|
Ø
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
o
Orientasi
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
o Apersepsi
·
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan tema sebelumnya
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang
ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
o
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
·
Menyampaikan tujuan pembelajaranpada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan pertanyaan.
o Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
|
15 menit
|
Ø Kegiatan Inti
Peserta didik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
o Melihat (tanpa atau dengan
alat)
o Mengamati
Menonton beberapa contoh teks/ film tentang bangunan bersejarah.
o Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
o Mendengar
o Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Menanya
o Mengajukan pertanyaan tentang :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat.
Misalnya :
Gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
deskriptif
|
Mengumpulkan
Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
o Menggunakan alat dan bahan
(ekxperiment),
o Mengamati obyek/kejadian,
o Mendemontrasikan tentang
o Memperagakan
menirukan contoh secara
terbimbing
o
Mengumpulkan informasi
o Aktivitas
o Wawancara dengan nara sumber
o Membaca sumber lain selain
buku teks,
o
Mendiskusikan
menemukan gagasan pokok,
informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
o Mengulang
o
Mempresentasikan ulang
menggambarkan bangunan
bersejarah lain dalam konteks penyampaian informasi yang wajar terkait
dengan tujuan yang hendak dicapai dari model yang dipelajari
o Saling tukar informasi
tentang :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengasosiasikan
o Berdiskusi tentang data :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
yang
sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
o Mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung.
o Menganalisis dengan membandingkan berbagai teks yang menggambarkan
bangunanan bersejarah terkenal dengan fokus pada struktur teks, dan unsur kebahasaan
o Mengelompokkan teks deskripsi sesuai dengan fungsi sosialnya
o Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir
induktif serta deduktif dalam menyimpulkan :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana,
tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal,
antara lain tentang :
|
Mengkomunikasikan
o
Membuat laporan evaluasi diri secara tertulis
tentang pengalaman dalam menggambarkan tempat wisata dan bangunan termasuk
menyebutkan dukungan dan kendala yang dialami.
o
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan
o Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
o Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
o Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
o Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang Teks
deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan
bangunan bersejarah terkenal
o Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
o
Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
o Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa
ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
60
menit
|
Ø Penutup
Peserta didik :
o Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
o Mengagendakan pekerjaan
rumah.
o Mengagendakan materi yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
o Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan soal dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
o Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
|
15
menit
|
9. Pertemuan Ke-9 ( 2 x 45 menit )
|
Waktu
|
Ø
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
o
Orientasi
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
o Apersepsi
·
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan tema sebelumnya
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang
ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
o
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
·
Menyampaikan tujuan pembelajaranpada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan pertanyaan.
o Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
|
15 menit
|
Ø Kegiatan Inti
Peserta didik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
o Melihat (tanpa atau dengan
alat)
o Mengamati
Menonton beberapa contoh teks/ film tentang bangunan bersejarah.
o Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
o Mendengar
o Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata,
dan bangunan bersejarah terkenal
untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Menanya
o Mengajukan pertanyaan tentang :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat.
Misalnya :
Gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
deskriptif
|
Mengumpulkan
Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
o Menggunakan alat dan bahan
(ekxperiment),
o Mengamati obyek/kejadian,
o Mendemontrasikan tentang
o Memperagakan
menirukan contoh secara
terbimbing
o
Mengumpulkan informasi
o Aktivitas
o Wawancara dengan nara sumber
o Membaca sumber lain selain
buku teks,
o
Mendiskusikan
menemukan gagasan pokok,
informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
o Mengulang
o
Mempresentasikan ulang
menggambarkan bangunan
bersejarah lain dalam konteks penyampaian informasi yang wajar terkait
dengan tujuan yang hendak dicapai dari model yang dipelajari
o Saling tukar informasi
tentang :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengasosiasikan
o Berdiskusi tentang data :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
yang
sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
o Mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung.
o Menganalisis dengan membandingkan berbagai teks yang menggambarkan
bangunanan bersejarah terkenal dengan fokus pada struktur teks, dan unsur kebahasaan
o Mengelompokkan teks deskripsi sesuai dengan fungsi sosialnya
o Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir
induktif serta deduktif dalam menyimpulkan :
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana,
tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal,
antara lain tentang :
|
Mengkomunikasikan
o
Menggunakan ‘learning journal’
o
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan
o Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
o Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
o Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
o Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang Teks
deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan
bangunan bersejarah terkenal
o Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
o
Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
o Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa
ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
60
menit
|
Ø Penutup
Peserta didik :
o Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
o Mengagendakan pekerjaan
rumah.
o Mengagendakan materi yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
o Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan soal dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
o Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
|
15
menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar